Senin, 19 Mei 2014

10 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan dan Kandungan Gizinya

Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan  - Halo pemirsa dimanapun anda berada, blog ini khusus dibuat untuk berbagi aneka manfaat buah bagi kesehatan kita. Sebagaimana yang kita ketahui kita baru merasakan betapa mahalnya kesehatan setelah sakit, seperti itulah karakter manusia.

Kita barus merasakan bahwa sehat itu nikmat yang tiada tara ketiak kita sudah terkulai lemah di tempat tidur, saat kita bernafas harus membayar, saat kita minum atau makan melalui saluran infus. Maka dari itu, perlu bagi kita untuk tetap menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita. Cara terbaik untuk menjaga kesehatan adalah dengan kembali ke alam, karena alam sudah menyediakan semua yang kita butuhkan. Kali ini admin ingin sedikit berbagi Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan dan Kandungan Gizinya yang perlu kita ketahui.

Belakangan ini, sirsak cukup populer, karena terbukti mampu mengobati berbagai jenis penyakit berbahaya seperti kanker. Sebelumnya kita perkenalan terlebih dahulu dengan buah yang satu ini. Nama latin sirsak adalah Anona muricata Linn merupakan kerabat dekat Srikaya (Anona squamosa Linn). Bebrapa derah di Indonesia juga menyebut buah ini nagka belanda; nagko belando. Buah ini berasal dari Amerika (sekitar Peru, Meksiko dan Argentina). Di Indonesia nama Sirsak berasal dari bahasa Belanda, yaitu ZuurZak yang artinya kantong yang rasanya asam.


manfaat Buah Sirsak

Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan dan Kandungan Gizinya

Buah ini tersusun atas 67,5 persen daging buah, 20 persen kulit buah, 8,5 persen biji buah, dan 4 persen inti buah. Nutrisi yang terdapat pada sirsak salah satunya adalah karbohidrat, contoh karbohidrat pada sirsak, gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) dengar kadar 81,9-93,6 persen dari kandungan gula total. Selain karbohidrat, sirsak juga mengandung vitamin C, yaitu sekitar 20 mg per 100 gram daging buah. Kebutuhan vitamin C per orang per hari (yaitu 60 mg) telah dapat dipenuhi hanya dengan mengonsumsi 300 gram daging buah sirsak. 

Masih ada banyak lagi kandungan buah sirsak, seperti fosfor dan kalsium, masing-masing sebesar 27 dan 14 mg per 100 g. Kedua mineral tersebut penting untuk pembentukan massa tulang sehingga berguna untuk membentuk tulang yang kuat serta menghambat osteoporosis. Keunggulan sirsak terletak pada kadar sodium (natrium) yang rendah (14 mg per 100 g), tetapi tinggi potasium (kalium), yaitu 278 mg per 100 g. Perbandingan kalium dan natrium yang tinggi sangat menguntungkan dalam rangka pencegahan penyakit hipertensi. Sirsak juga mengandung serat pangan (dietary fiber), yaitu mencapai 3,3 g per 100 g daging buah. 

1. Manfaat Buah Sirsak untuk Mencegah Kanker

Manfaat buah sirsak untuk kesehatan yang pertama adalah dapat mencegah kanker. Annonaceous acetogenins adalah fitokimia yang terdapat dalam daun, biji dan batang sirsak. Zat ini berperan dalam menangkal serangan kanker dan virus. Penelitian mengungkap bahwa kandungan Annonaceous acetogenins pada sirsak dapat membunuh sel-sel ganas pada 12 jenis kanker, seperti kanker payudara, usus besar, prostat, paru-paru, dan masih banyak lagi.

2. Manfaat Buah Sirsak untuk Melancarkan buang air kecil

Jus buah sirsak ternyata dapat dijadikan sebagai obat jika Anda mengalami rasa sakit ketika buang air kecil. Selain itu juga dapat megatasi haematuria yaitu bercampurnya sel darah putih dalam urin, serta penyakit hati ringan.

3. Manfaat Buah Sirsak untuk Menjaga Kesehatan Tulang

Selain mengandung fosfor dan kalsium, buah sirsak juga diperkaya mineral lain yakni tembaga, yang membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang sehingga tulang Anda tetap tercukupi kebutuhan nutrisinya.

4. Manfaat Buah Sirsak untuk Meningkatkan Energi

Jika Anda merasa tak bergairah, cobalah mengonsumsi buah sirsak. Selain aroma segar yang bisa membuat mood Anda kembali bergairah, buah sirsak juga mengadung thiamin yang berguna untuk meningkatkan energi Anda.

5. Manfaat Buah Sirsak untuk Meredakan Migrain

Buah sirsak mengandung riboflavin atau vitamin B2 yang dikenal efektif meredakan sakit kepala seperti migrain.

6. Manfaat Buah Sirsak untuk Mencegah Anemia

Kandungan zat besi dalam buah sirsak juga dipercaya efektif meredakan gejala anemia yang bisa menyerang kapan saja.

7. Manfaat Buah Sirsak untuk Manfaat Biji Buah Sirsak

Biji sirsak ternyata mengandung zat emesis yang dapat digunakan untuk mengurangi mual dan muntah.

8. Manfaat Buah Sirsak untuk Mengobati Diare Bayi

Bunda dan ayah, jika bayi anda mengalai diare, maka buah sirsak ini sangat ampuh untuk mengobatinya. Caranya adalah dengan menyiapkan buah sirsak yang sudah masak/ matang. Kemudian peras dan saring airnya, dan kemudian minumkan air hasil saringan tersebut kepada bayi yang sedang diare.

9. Manfaat Buah Sirsak untuk Mengobati Ambeien

Buah sirsak juga bermanfaat untuk mengobati ambeien. dengan memeras sirsak yang sudah matang dan kemudian ambil airnya. Ambil sekitar 1 gelas saja dan minum secara teratur 2 hari sekali. Sangat dianjurkan untuk meminumnya setiap pagi dan sore untuk mempercepat penymebuhan.  

10.  Manfaat Buah Sirsak untuk Mengobati Kencing Anyang – anyangen

Dapat membantu menyembuhkan kencing anyang – anyangen. Untuk menyembuhkan penyakit ini anda harus menyiapkan buar sirsak setengah matang dan gula pasir secukupnya saja. Kemudian kupas sirsak tersebut dan rebuslah bersamaan dengan gula secukupnya, tambahkan air sebanyak 2 gelas. Setelah itu saring dan minum air hasil rebusan tersebut. 

Bagaimana? Sangat banyak sekali bukan Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan dan Kandungan Gizinya, semoga bermanfaat. Tunggu Aneka Manfaat Buah Bagi Kesehatan lainnya.

Artikel Terkait

10 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan dan Kandungan Gizinya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email